Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Macam Macam Jenis Hardisk dan Kapasitasnya


    Di postingan kali ini saya akan memberikan info seputar hardisk yaitu lebih tepatnya Jenis dan Kapasitasnya..

    Ada tiga jenis hardisk yang sering digunakan oleh masyarakat pada komputer maupun laptop, yaitu :
    IDE

    Merupakan kependekan dari Integrated Device Electronics. Ada juga yang menyebutnya ATA (Advanced Technology Attachment). Yaitu jenis hdd yang mempunyai konektor sebanyak 40 pin data dan 4 pin power. Pada samping koneksinya terdapat juga jumper yang mempunyai fungsi untuk mengubah settingan hubungan ke mainboard. Pilihan kapasitasnya juga macam-macam, yaitu : 10, 20, 40, 80, 120, 160, 250 dan 320 GB.

    SATA

    Serial Advanced Technology Attachment. Yakni hdd yang mempunyai tampilan 4 dan 7 pin sebagai data dan power. Pada hardisk ini tidak terdapat jumper karena tidak perlu lagi untuk memerlukan pengaturan settingan. Mempunyai kecepatan akses yang lebih tinggi dibandingkan jenis IDE, tetapi masih berada di bawah SCSI. Kapasitasnya pun bervariasi yaitu : 80, 120, 160, 250, 320, 500, 1 tera byte dan 2 tera byte.

    SCSI

    Singkatan dari Small Computer System Intervace. Yaitu hdd yang mempunyai kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibanding IDE dan SATA. Untuk kabel data sebagai konektor menggunakan jenis SCSI 50 -68 pin. Pada umumnya digunakan sebagai komputer server. Secara umum, kapasitasnya adalah : 160, 250, 320, 500, 500, 1 TB, 2 TB, 5 T.

    Tidak ada komentar

    Harap berkomentar yg Sopan ^_^

    - Dilarang berkata yg mengandung SARA.

    - Promosi web boleh, hehehe.

    - Dilarang berkata yg jorok dll.


    Disini tempatnya Sharing,kalau mau copas boleh,asalkan sertakan sumbernya, Thx

    -TTD-

    Rama Danadipa Putra Wijaya

    -Email:ramadanadipa@myself.com